Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Brebes tahun 2024 dimulai pada tanggal 11-12 September 2024. Ibu Hj. Sumarti, M.Pd selaku ketua panitia memgatakan bahwa ANBK dilaksanakan sebagai program evaluasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), menggunakan tiga instrumen utama: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM berfungsi untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa.

MTsN 2 Brebes turut melaksanakan ANBK ini dengan melibatkan 45 peserta didik kelas 8, yang dibagi menjadi tiga ruang. ANBK berlangsung dari pukul 07.30 hingga 09.40, semuanya menggunakan moda online penuh. Selama pelaksanaan, para siswa didampingi oleh panitia, proktor, dan teknisi. Dan diawasi oleh pengawas dari luar madrasah.

Pada hari pertama ANBK, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Dr. H. Akrom Jangka Daosat, M.S.I melakukan pemantauan langsung di Laboratorium Komputer MTsN 2 Brebes. Beliau menyampaikan apresiasinya terhadap fasilitas yang dimiliki madrasah tersebut.

“Alhamdulillah, MTsN 2 Brebes memiliki Laboratorium yang memadai. Tidak semua madrasah memiliki fasilitas seperti ini. Terkait pelaksanaan ANBK, alhamdulillah berjalan lancar, dan semoga sukses hingga selesai,” tutur H. Akrom.

Kepala MTsN 2 Brebes, Syamsul Ma’arif juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat berjalan tanpa hambatan. “Alhamdulillah, pada hari pertama pelaksanaan ANBK berjalan lancar. Semoga hari berikutnya juga berlangsung dengan lancar dan sukses,” ujarnya penuh harapan.

(DN)

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment