Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober merupakan peringatan nasional yang diperingati setiap tahun.

Peringatan nasional untuk Hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI). Momen bersejarah yang terjadi pada 1965 itu memberikan bekas mendalam untuk bangsa Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Selasa, 1 Oktober 2024, Madrasah mengatakan kegiatan Upacara Bendera. Bertempat di halaman madrasah, kegiatan ini diikuti oleh 105 guru dan karyawan serta 1200 siswa siswi.

Bertugas selaku pemimpin upacara ananda Muh. Liwa Akbar dari kelas IX. Sementara sebagai pembina Upacara Bapak H. Abdul Wahid, M.Pd selaku waka bidang kesiswaan. Dalam sambutanya Pak Wahid menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Tema Hari Kesaktian Pancasila 2024 adalah Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas, sebagai generasi penerus, anak anak harus membiasakan berdisiplin, tepat waktu, jujur dan berempati”, tandasnya.

Sementara ibu Mufidah, S.H selaku guru PKn dan pembina ekskul Paskibra saat diwawancara setelah pelaksanaan upacara menegaskan bahwa “Pancasila adalah ideologi bangsa, jangan sebatas dihafalkan saja, akan tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”.

Meskipun masih dalam pelaksanaan Sumatif Tengah Semester /STS, para siswa sangat khidmat mengikuti upacara, demikian juga bapak ibu guru. Setelah upacara selesai seluruh siswa masuk ruangan masing-masing untuk mengikuti STS hari terakhir. Sementara bapak ibu guru memasuki aula untuk mengambil berkas soal dan lembar jawab yang telah disiapkan panitia untuk dibagikan ke ruang test.

(DN)

Bagikan:

Tags

Related Post