Islamic Boarding School

Islamic Boarding School

Boarding School adalah program Madrasah yang bertujuan membina, mendorong dan memaksimalkan kemampuan peserta didik secara Holistik di bidang Akademik, Non Akademik, Keagamaan dan Bakat Minat peserta didik dengan pola pembinaan 24 jam dan menempati Asrama yang telah ditentukan.

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya pembelajar yang berakhlakul karimah, berprestasi, dan cinta tanah air.

Misi

  • Mengembangkan kemampuan akademik peserta didik melalui bimbingan belajar khusus maupun kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar.
  • Membina ketrampilan, bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
  • Membina peserta didik dengan penanaman karakter islami pembiasaan, keteladan dan kegiatan keagamaan dengan metode dan nuansa pesantren.
  • Melaksanakan pendidikan keagamaan melalui madrasah Diniyah Takmiliyah dan kajian kitab.
  • Melaksanakan kegiatan pembiasaan sholat berjamaah, dhuha, qiyamullail, Tadarus alquraan, khitobah pembinaan intensif melalui program tahfidz Al-quran.
  • Mengembangkan kemampuan peserta didik bidang bahasa melalui program Conversation dan Muhadatsah.

Tujuan IBS

  1. Beriman, bertakwa, berakhlak mulia;
  2. Berwawasan kebangsaan dan ke-Indonesia-an;
  3. Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman;
  4. Menguasai dasar-dasar kitab kuning;
  5. Terampil berbahasa Indonesia, Arab, dan Inggris;
  6. Mampu dalam mengapreasiasi kearifan lokal;
  7. Terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi;
  8. Cakap, berpikir kritis, peduli, kreatif, dan inovatif;
  9. Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Profile Boarding

  1. Penguasaan dasar-dasar ilmu agama yang didukung oleh kemampuan bahasa Arab yang memadai. Penguasaan ilmu agama mempunyai fungsi sebagai pondasi dan dasar-dasar pengembangan keilmuan lebih lanjut.
  2. Penguasaan bahasa: Indonesia, Arab, dan Inggris, baik tulis maupun lisan.
  3. Kemampuan mengaplikasikan kearifan lokal, sebagai wujud apresiasi dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa.
  4. Penguasaan teknologi informasi, terutama untuk pembelajaran. Kemampuan yang dikuasai tidak sekedar sebagai pengguna pasif, tetapi lebih sebagai pengguna aktif yang mampu memanfaatkan semua potensi dari setiap produk IT untuk memaksimalkan penggunaannya untuk menunjang pembelajaran dan pengembangan keilmuan.
  5. Kemampuan mengintegrasikan ilmu agama dengan sains dengan baik.

Kurikulum Boarding

  1. Tahsinul Qur’an
  2. Tahfidzul Qur’an dengan standar minimal menguasai juz 30 dan surat-surat pilihan. Bagi Peserta didik yang memiliki kemampuan lebih, bisa masuk dalam spesifikasi kelas tahfidz
  3. Pengajian Kitab Klasik meliputi; Hadis, Tauhid, Akhlak, Fikih dan Tarih
  4. Nahwu dan sharaf
  5. Pembiasaan amaliyah keagamaan
  6. Kecakapan hidup (life skill)
  7. Seni budaya Islam
  8. Muhadharah
  9. Pendampingan belajar santri dalam rangka menjamin mutu akademik
  10. Pengembangan Bahasa:
    a. Bahasa Arab, dapat menggunakan salah satu dari referensi kitab rujukan IBS (Islamic Boarding School) MTs NEGERI 2 Brebes
    b. Bahasa Inggris, dapat menggunakan salah satu dari referensi buku IBS (Islamic Boarding School) MTs NEGERI 2 Brebes
  11. Materi pembelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagai satu kesatuan sistem pembelajaran IBS (Islamic Boarding School) MTs NEGERI 2 Brebes dan pembelajaran MTs NEGERI 2 Brebes

Struktur Kurikulum Madrasah Diniyyah IBS

KELASMATA PELAJARANKITABALOKASI WAKTUTOTAL JAM
VIIAkidahعَقِيْدَةُ الْعَوَامِ16
Akhlakاَلاَلاَ1
Fiqihاَلْمَبَادِئُ الْفِقْهِيَّةُ1
Tajwidهِدَايَةُ الصِّبْيَانِ1
Nahwuاَلْأَجْرُوْمِيُّ اَلْإِنْدُوْنِيْسِيُّ1
Shorofمَتْنُ الْبِنَاءِ وَالْأَسَاسِ1
VIIIAkidahاَلْخَرِيْدَةُ الْبَهِيَّةُ16
Akhlakوَصَايَا الْأَبَاءِ لِلْأَبْنَاءِ1
Fiqihسَفِيْنَةُ النَّجَا1
Tajwidتُحْفَةُ الْأَطْفَالِ1
Nahwuاَلْاَجْرُوْمِيَّةُ1
Shorofاَلتَّصْرِيْفُ اَلْإِصْطِلاَحِيُّ1
IXAkidahاَلْجَوَاهِرُ الْكَلَامِيَّةُ16
Akhlakتَعْلِيْمُ الْمُتَعَلِّمِ1
Fiqihسَفِيْنَةُ النَّجَا1
Tajwidمَتْنُ اَلْجَزَرِيَّة1
Nahwuاَلآجُرُوْمِيَّةُ1
Shorofنَظْمُ الْمَقْصُوْدِ1

Kegiatan Asrama

  1. Bimbingan Belajar
  2. Kajian Al-Qur’an Bin Nadhor dan Tahfidz Al-Qur’an
  3. Muhadloroh, Khutbah, Rebana dan Al-Barzanji
  4. Bimbingan Praktek Ibadah
  5. Kajian Kitab/Diniyyah
  6. Tahfidzul Qur’an

Kitab Yang Diajarkan

  1. Al-Qur’an (Al-Qur’anul Karim)
  2. Akhlak (Alala, Washoya, Ta’lim Muta’allim)
  3. Fiqih (Al-Mabadi’ Al-Fiqhiyyah, Safinatun Najat)
  4. Nahwu (Al-Ajrumiyyah Al-Indonesia, Al-Jurumiyah)
  5. Shorof (Matan bina, Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah, Nadzm  Al-Maqsud)
  6. Tauhid (Aqidatul Awam, AL-Khoridah Al-Bahiyyah, Al-Jawahir Al-Kalamiyyah )
  7. Tajwid (Hidayat Al-Shibyan, Tuhfah Al-Athfal, Al-Jazariyah)

Sarana dan Fasilitas Santri

  1. Tersedia 38 Kamar Asrama dengan 16 Kamar Mandi/MCK
  2. 1 kamar 4 anak masing-masing 1 bed busa, kipas angin
  3. Lemari untuk setiap santri kualitas standar
  4. Bed Busa, Bantal, Guling, sarung bantal, dan sprei
  5. Piring, Gelas, senduk dan peralatan dapur
  6. Jas Almamater
  7. Makan dan Minum dari jasa Catering dan Loundry
  8. Tempat Cuci dan Jemuran
  9. Ruang Komputer dilengkapi Internet dan Wi-fi
  10. Diasuh oleh 8 Asatidz sesuai bidangnya

Target Standar Boarding School

  1. Penguasaan dasar-dasar Agama dengan Akhlakul Karimah
  2. Mengikuti  Kajian kitab sebagai dasar mengenal Kitab Kuning
  3. Penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  4. Penguasaan Teknologi Informasi (IT)
  5. Mampu mengintegrasikan ilmu Agama dan Sains
  6. Pembiasaan sholat fardlu berjamaah, sholat sunah, dluha, tahajud, puasa wajib, sunah, dzikir dan istighosah
  7. Hafalan Al-quran minimal 3 juz dan surat pilihan
  8. Diterima pada Sekolah/Madrasah lanjutan favorit

Info Selengkapnya ->

Galeri Boarding